Cara Mengatasi Libreoffice Gagal Startup “Symbol Lookup Error, Undefined Symbol”

Cara Mengatasi LibreOffice Gagal Startup “Symbol Lookup Error, Undefined Symbol” - LibreOffice merupakan aplikasi perkantoran gratis dan open source yang paling terkenal ketika ini. Dengan kelengkapan fitur yang dimilikinya, LibreOffice banyak dijadikan aplikasi perkantoran default system aneka macam distro Linux, termasuk distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian.

LibreOffice terdiri dari dua jenis, adalah fresh dan still, kalau anda ingin memakai LibreOffice yang lebih stabil, anda sanggup menentukan yang Still namun, dengan versi yang lebih lawas. Sementara untuk sanggup memakai fitur terbaru dari LibreOffice, anda sanggup menentukan LibreOffice Fresh, hanya saja mungkin masih mempunyai bug yang lebih banyak dari LibreOffice Still.



Cara Mengatasi LibreOffice Gagal Startup  Cara Mengatasi LibreOffice Gagal Startup “Symbol Lookup Error, Undefined Symbol”

Cara Mengatasi LibreOffice Gagal Startup “Symbol Lookup Error, Undefined Symbol”


Salah satu permasalahan yang muncul pada aplikasi perkantoran LibreOffice adalah tidak berjalannya LibreOffice alias Gagal Startup. Hal ini biasanya terjadi sehabis anda memperbarui LibreOffice ke versi terbaru.

Ketika anda menjalankan LibreOffice melalui Menu Komputer, LibreOffice hanya menampilkan splash screen saja, sehabis itu tidak sanggup masuk ke LibreOffice. Atau LibreOffice hanya hingga pada Menu Utamanya namun, tidak sanggup menjalankan komponen LibreOffice, ibarat contohnya : Writer, Calc, Impress dll.

Bila anda mengetikan perintah teks libreoffice di terminal Linux, anda akan melihat pesan error seperti berikut ini :

/usr/lib/libreoffice/program/soffice.bin: symbol lookup error: /usr/lib/libreoffice/program/libmergedlo.so: undefined symbol: _ZN14LanguageTagIcu12getIcuLocaleERK11LanguageTagRKN3rtl8OUStringES6_

Anda mungkin pernah mengalami hal tersebut dan cukup kesulitan untuk mengatasinya. Anda sanggup memakai cara ibarat yang akan saya uraikan berikut ini untuk mengatasi LibreOffice yang tak sanggup dibuka atau LibreOffice tak sanggup jalan.

1. Hapus LibreOffice

Hapus/Uninstall terlebih dahulu paket aplikasi LibreOffice dari sistem komputer, anda sanggup memakai terminal Linux untuk menghapus LibreOffice beserta konfigurasinya :

sudo apt purge libreoffice

Lalu hapus bersihkan paket aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi dengan mengetikan perintah teks berikut ini :

sudo apt autoremove

2. Hapus Folder Program LibreOffice

Setelah itu, hapus folder aktivitas LibreOffice yang terdapat pada direktori /usr/lib/ , anda memerlukan saluran root untuk sanggup menghapusnya. Sebaiknya, backup terlebih dahulu folder LibreOffice dengan cara salin dan tempel pada lokasi/direktori lainnya.

Hapus folder LibreOffice pada direktori /usr/lib/, hanya folder libreoffice nya saja ya, jangan di hapus /usr/lib/ nya.

3. Install Kembali LibreOffice

Setelah anda lakukan dua tahapan di atas, kini install kembali LibreOffice dengan mengetikan perintah teks di bawah ini :

sudo apt install libreoffice

4. LibreOffice Sudah Dapat Berjalan Lagi

Setelah proses install LibreOffice selesai, anda sanggup menjalankannya melalui Menu komputer atau ketik perintah teks libreoffice pada terminal Linux.

Sekarang LibreOffice sudah sanggup berjalan lagi dengan normal dan anda sanggup menikmati fitur-fitur terbaru dari LibreOffice.

Ketika anda sedang memperbarui LibreOffice, sebaiknya jangan di stop (interrupt), ketika proses pembaruan sedang berjalan untuk meminimalisir kesalahan pada LibreOffice.

Demikian mengenai Cara Mengatasi LibreOffice Gagal StartUp dengan pesan kesalahan “Symbol Lookup Error dan Undefined Symbol”. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel