Tips Mengganti Domain Blogspot Dengan Tld Rumahweb



Tips hari ini yang akan saya bagikan merupakan requesan dari banyak sahabat blogger terutama bagi blogger pemula yang ingin mengganti domain blogspot dengan domain TLD buatan sendiri. Tujuan dari merubah nama domain tersebut yaitu biar link domain menjadi pendek dan gampang diingat, selain itu juga menambah level blog tersebut dimata teman-teman. Sistem yang dilakukan pada pemindahan domain ini yaitu, domain blogspot yang kita buat akan diarahkan menuju domain TLD yang kita miliki dengan cara mengatur ulang server dan DNS. Sebelum kalian mempraktekan tips ini lakukanlah hal berikut;

Cari dan beli domain yang kalian inginkan, untuk hal ini sebaiknya kalian pikirkan terlebih dahulu nama domain sebelum membelinya, buat nama domain yang gampang diingat dan jangan rumit. Untuk membeli domain banyak situs yang menyediakannya bahkan blogger juga menyediakan layanan ini, kalo saya belinya di Rumahweb. Saran saya jikalau ingin membeli domain murah carilah situs yang sedang promo domain.

Verifikasi domain. Hal ini sangatlah penting alasannya yakni akan besar lengan berkuasa besar pada keberhasilan pemindahan domain nantinya biar berjalanlancar. Jika kalian sudah membeli domain dari situs penyedia layanan pastikan terlebih dahulu domain tersebut yakni milik kalian sepenuhnya yaitu dengan cara memverifikasi kepemilikan domain tersebut. Untuk verifikasi sanggup dilakukan pada situs penyedia layanan dimana kalian membeli domain dan sanggup juga melalui email yang masuk saat kalian final membayar domain tersebut. Jika domain belum terverifikasi maka pemindahan domain kalian takkan pernah berhasil.

Jika semua hal diatas sudah dilakukan maka kita mulai proses pemindahannya. Pertama kalian masuk blogger dan login keblog kalian dan masuk pengaturan-dasar-nama domain-tulisan biru dibawah "+add costum domain pihak ketiga" ikuti langkah ibarat gambar berikut;



Isi kolom memakai nama domain yang gres kalian beli dengan penambahan www didepannya dan simpan, biar lebih jelasnya lihat gambar.



Jika sudah disimpan akan muncul peringatan eror kesalahan 12 atau 9, itu lumrah saja tidak usah khawatir. dibawah terdapat isyarat yang nantinya akan kita copy dan paste pada DNS nantinya.



Langkah selanjutnya buka tab gres dan login ke Rumahweb dan pilih menu MY DOMAIN.



 Tampilan masuk akan ibarat ini, lanjut tekan ikon panah kecil kemudian pilih kelola domain.


Lihat pojok sebelah kiri ada sajian kelola dan pilih Nameservers, pilih tombol "gunakan nameserver lain" kemudian ganti dengan nameserver berikut sesuai urutannya. Jika sudah tekan update.

nsid1.rumahweb.com
nsid2.rumahweb.net
nsid3.rumahweb.biz
nsid4.rumahweb.org



Jika sudah final tekan tombol Update Nameserver.  Sudah selesai? belum.. ini gres setengah jadi. Langkah selanjutnya kembali kemenu kelola dan pilih Manage DNS dan pilih Star - Update - ADD NEW RECORD. disini kalian akan menciptakan DNS gres dan ini merupakan tahapan terpenting dari proses pemindahan domain ini. Isi kolomnya dengan urutan berikut;



Domain  name    = Biarkan kosong
TTL                    = 14400
Record Type       = Pilih A
Hostname            = 216.239.32.21

Jika sudah diisi tekan add record dan ulangi proses tadi hingga 4 kali dan Hostname (yang dalamkotak)  dirubah disetiap tahapnya dengan urutan; 216.239.34.21, 216.239.36.21, 216.239.38.21.

Jika sudah menambahkan 4 buah record, langkah selanjutnya yakni menambahkan lagi 2 buah record,namun format isinya berbeda dengan yang tadi. Isi format recordnya ibarat ini:

Record 1


Domain  name    = www
TTL                    = 14400
Record Type       = Pilih CNAME
Hostname            = ghs.google.com



Record 2

Domain  name    = Kode Host yang tadi ada di blogger
TTL                    = 14400
Record Type       = Pilih A
Hostname            = Kode tujuan yang tadi ada di blogger



 


Jika semua sudah dilakukan, langkah selanjutnya kalian balik ke tab blogger dan simpan perubahan pengalihan phak ketiga tadi dan selesai. Selamat mencoba mengganti domain blogspot dengan domain TLD.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel