Beasiswa Turki 2014 Untuk Indonesia





Selamat Pagi Fans ,




Hari ini kami akan membuatkan informasi penting serta menarik tentunya untuk anda sekalian para pembaca setia di blog kami. Tak sengaja sesudah membaca artikel-artikel wacana Pak Jusuf Kalla, Mantan Wapres kita yang bersahabat disapa JK tsb, saya sempat menerima artikel menarik wacana Program Beasiswa Turki bagi Mahasiswa maupun Calon Mahasiswa di Indonesia. Penawaran ini disampaikan oleh Zekeriya Akcam, Duta Besar Turki untuk Indonesia.


Pada wawancara VIVAnews dalam rangka Perayaan Hari Kaprikornus ke-90 Turki di Ballroom Hotel Shangri-La, Zekeriya menyampaikan bahwa beasiswa ini meliputi semua biaya, termasuk kuliah, uang saku bulanan, akomodasi, hingga tunjangan kesehatan.




"Kami menunjukkan lebih dari 100 beasiswa bagi WNI agar mereka sanggup berguru di Turki. Beasiswa ini tersedia untuk banyak sekali jenjang pendidikan, yakni sarjana dan pasca sarjana," kata dia.


Menurut informasi dari laman Pemerintah Turki, uang saku untuk aktivitas diploma dan sarjana  per bulan yang diterima yakni 500 lira Turki atau setara Rp2,7 juta, 750 lira Turki atau Rp4,1 juta dan 1.000 lira Turki atau Rp5,5 juta.


Sementara itu, untuk biaya fasilitas setiap mahasiswa sanggup tinggal di asrama yang disediakan oleh kampus mereka secara gratis. Namun, apabila mereka ingin tinggal di luar asrama, biaya itu harus ditanggung pribadi.


Kampus-kampus ternama di Turki sanggup menjadi pilihan kuliah, menyerupai Ankara University, Ataturk University, Galatasaray University, Istanbul Teknik University, Marmara University, dan puluhan universitas lainnya. Beberapa konsentrasi kuliah yang sanggup diambil, di antaranya ilmu politik, relasi internasional, hukum, teknik, studi Islam, pertanian, ekonomi, jurnalisme, sejarah, arsitektur, dan linguistik. Untuk tahun ini registrasi beasiswa ini batas pengajuan terakhir pada 31 Maret 2013 dengan mendaftar pribadi disini. Kaprikornus kemungkinan untuk tahun selanjutnya laman ini akan di update.

Setiap tahunnya pemerintah Turki menunjukkan beasiswa bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di jenjang universitas. Berikut persyaratan umum beasiswa turki tersebut :


  1. Beasiswa disampaikan melalui jalur diplomatik. Bagi calon pelamar mengajukan kepada tubuh resmi/Kedutaan Besar Turki di Jakarta.
  2. Para calon diseleksi oleh suatu komisi yang terdiri dari para wakil dari Kedutaan Besar Turki .
  3. Dokumen para calon harus disampaikan kepada Kementrian Pendidikan Nasional Turki lewat jalur diplomatik sebelum tanggal 1 Juli. Sedangkan dokumen para calon akseptor beasiswa Kursus Bahasa Turki untuk demam isu panas sebelum tanggal 15 Mei.
  4. Para akseptor beasiswa calon pra sarjana dan sarjana harus memakai visa “pendidikan”. Para calon akseptor beasiswa kursus bahasa Turki demam isu panas sanggup mengikuti kursus TOMER selama 2 bulan dengan mneggunakan visa turis.
  5. Perpanjangan izin tinggal harus dilakukan 1 bulan sebelum habis masa berlakunya dan menjadi tanggung jawab pelajar yang bersangkutan.
  6. Mahasiswa pra sarjana dan sarjana harus mengikuti kursus bahasa Turki selama 1 tahun di TOMER untuk sanggup diterima di perguruan tinggi dan harus sanggup mencapai tingkat tinggi (TOMER Diploma).
  7. Sebelum memilih pilihan, para pelamar dituntut untuk memenuhi persyaratan registrasi perguruan tinggi.
  8. Kursus bahasa Turki demam isu panas dilaksanakan di Istanbul, Ankara, Izmir, Bursa, Kayseri, Antalya dan Samsun. Pelaksanaan kursus dimulai pada 1 Juli hingga dengan 31 Agustus.
  9. SPP, pembayaran asrama dan anggaran kesehatan (tidak termasuk penyakit kronis, operasi serius, prosthesis, jaw orthopaedics, orthodontics dan teeth prosthesis) didanai oleh pemerintah Turki.
  10. Biaya bulanan untuk sarjana, riset dan kursus bahasa Turki demam isu panas yaitu Turkish Lira (TL) 200. Bagi aktivitas pra sarjana memperoleh TL 175. Sementara biaya perjalanan dan makan ditanggung oleh mahasiswa.
  11. Tahun akademik dimulai 1 Oktober.
  12. Jika seorang mahasiswa tidak sanggup lulus dalam waktu tahun pedoman akademik maka ia diberi ekstra waktu 2 tahun, tapi kalau mahasiswa tersebut masih tidak sanggup lulus dalam masa tersebut maka beasiswanya akan ditangguhkan.
  13. Mahasiswa dianggap sanggup mendapatkan segala persyaratan asrama dan persyaratan beasiswa sebagaimana tersebut dalam dokumen.



Persyaratan Beasiswa lainnya adalah:

  1. Mahasiswa sarjana dituntut mempunyai nilai tinggi pada ijazah SMA. Lembaga Sekolah Menengan Atas dimana ia lulus harus sepadan dengan Sekolah Menengan Atas di Turki. Ijazah para calon pelamar dilarang melebihi 2 tahun dari semenjak kelulusan. Batas umur tidak lebih dari 25 tahun pada ketika melamar.
  2. Para pelamar harus tidak terinfeksi penyakit menular (HIV, Hepatitis-C, dll) dan tidak terkena penyakit yang sanggup menghambat studi di Turki.

Berkas yang Diperlukan:

  1. Formulir beasiswa (diisi secara terang dan dilampirkan pas photo ukuran paspor)
  2. Dua copy diploma (Diploma orisinil dibawa ke Turki kalau diterima).
  3. Dua copy transkrip nilai.
  4. Surat keterangan kesehatan
  5. Satu pas photo ukuran paspor (4×6 cm)
  6. Copy halaman paspor yang terdapat foto pemegangnya dan halaman-halaman lain yang ada stempel resmi.

Catatan: Berkas nomor 2, 3 dan 4 harus diterjemahkan ke dalam salah satu bahasa yaitu Turki, Inggris atau Perancis. Copy dan terjemahan dokumen harus disahkan oleh Kedutaan Besar Turki. Semua berkas yang diajukan disampaikan dalam 1 file. Persyaratan umum, persyaratan lain dan berkas yang diperlukan diatas berdasarkan data persyaratan yang diambil pada tahun 2010. Belum ada info selanjutnya mengenai persyaratan di tahun 2014.


Tenggat waktu untuk pengajuan beasiswa pada tahun selanjutnya, berdasarkan Zekeriya, ada pada bulan Maret dan Mei 2014. Dia menjamin, semua pelajar aneh yang berkuliah di Turki akan merasa aman.


Ditanya VIVAnews baru-baru ini soal perlunya penguasaan Bahasa Turki untuk meraih beasiswa itu, Zekeriya, menyebut hal itu tidak perlu. "Bahasa Turki akan Anda pelajari selama setahun nanti di sana, usai dinyatakan lolos," kata dia.


Sekian info wacana “Beasiswa Turki 2014 untuk Indonesia”. Terima kasih atas kunjungan anda di blog kami serta tunjangan sumber-sumber informasi yang kami dapatkan dan jangan lupa berlangganan dan beri komentar anda wacana artikel ini.

“About , About US”



Regards,


Admin


Sumber :






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel