Menentukan Berat Atom Magnesium

Menentukan Berat Atom Magnesium

BAB I
PENDAHULUAN
1. Tujuan Percobaan
Mempelajari suatu cara sederhana penentuan berat atom suatu unsur (Mg), melalui penentuan dengan teliti berat zat-zat yang bereaksi.
2. Dasar Teori
Magnesium ialah unsur kimia dalam tabel periodik yang mempunyai simbol Mg dan nomor atom 12 serta berat atom 24,31. Magnesium ialah elemen terbanyak kedelapan yang membentuk 2% berat kulit bumi, serta merupakan unsur terlarut ketiga terbanyak pada air laut. Logam alkali tanah ini terutama dipakai sebagai zat adonan (alloy) untuk menciptakan adonan alumunium-magnesium yang sering disebut "magnalium" atau "magnelium".
Magnesium (Mg) ialah unsur kimia di dalam sistem periodik yang mempunyai simbol Mg & nomor atom 12 & berat atom 24.31.
Kelimpahan Magnesium (Mg)
Magnesium (Mg) merupakan unsur yeng kedelapan paling berlimpah & memenuhi 2% daripada kandungan kerak bumi dari segi berat, & merupakan unsur ketiga terbanyak yang terlarut dalam air laut. Magnesium (Mg) banyak dijumpai di alam pada lapisan-lapisan batuan dalam bentuk mineral menyerupai dolomit (CaCO3.MgCO3), magnesit (MgCO3), & epsomit (MgSO4.7H2O).
Isolasi Magnesium (Mg)
Magnesium (Mg) diperoleh dengan beberapa cara. Salah satunya ialah dari batuan dolomite & air laut, yang mengandung 0,13% Mg. Pertama-tama dolomite dikalsinasi menjadi adonan CaO/MgO dari mana kalsium akan dihilangkan dengan penukar ion memakai air laut. Kesetimbangannnya disukai alasannya kelarutan Mg(OH)2 lebih rendah daripada Ca(OH)2 :
Ca(OH)2.Mg(OH)2 + Mg2+ 2 Mg(OH)2 + Ca2+
Proses yang paling penting untuk mendapat logam ialah pertama, elektrrolisis leburan adonan halida (misalnya MgCl2 + CaCl2 + NaCl) dari logam yang paling kurang elektropositif, Mg, ditampung, kemudian reduksi MgO atau dolomite yang dikalsinasi (MgO.CaO). yang terakhir dipanaskan dengan ferosilikon :

CaO.MgO + FeSi = Mg + silikat Ca dan Fe
Dan Mg didistilasi.MgO dpt dipanaskan dgn kerikil bara pada 20000 & logamnya ditampung dgn pembersihan cepat dari kesetimbangan bersuhu tinggi yang berjalan ke kanan :

MgO + C Mg + CO
Beberapa kegunaan Magnesium (Mg) menyerupai pada Mg(OH)2 yaitu untuk mengobati penyakit maag & menetralisir asam lambung, magnesium klorida (MgCl2.6H2O) dipakai dalam pembuatan kain katun, kertas, semen, & keramik. Magnesium sulfat (MgSO4.7H2O) yg dikenal dengan garam Inggris (Epsom salt) dan magnesium oksida (MgO), dipakai pd pembuatan kosmetik & obat pencuci perut. Sedangkan adonan Magnesium (Mg), aluminium & baja dipakai pd materi pembuatan bagian-bagian pesawat, kaki atau tangan buatan, vacuum cleaner, alat-alat optic & furniture.

Cara Sintesis Magnesium
Magnesium diperoleh dengan beberapa cara. Salah satunya ialah dari batuan dolomite dan air laut, yang mengandung 0,13% Mg. pertama-tama dolomite dikalsinasi menjadi adonan CaO/MgO dari mana kalsium akan dihilangkan dengan penukar ion memakai air laut. Kesetimbangannya disukai alasannya kelarutan Mg(OH)2 lebih rendah daripada Ca(OH)2 .
Proses yang paling penting untuk mendapat logam ialah pertama, elektrolisis leburan adonan halida (misalnya MgCl2 + CaCl2 + NaCl) dari logam yang paling kurang elektropositif, Mg, ditampung, kemudian reduksi MgO atau dolomite yang dikalsinasi (MgO.CaO). yang terakhir dipanaskan dengan ferosilikon.
Dan Mg didistilasi.mgO sanggup dipanaskan dengan kerikil bara pada 20000 dan logamnya ditampung dengan pembersihan cepat dari kesetimbangan bersuhu tinggi yang berjalan ke kanan.
Manfaat Magnesium
Beberapa Manfaat magnesium menyerupai pada Mg(OH)2 yaitu untuk mengobati penyakit maag dan menetralisir asam lambung, magnesium klorida (MgCl2.6H2O) dipakai dalam pembuatan kain katun, kertas, semen, dan keramik. Magnesium sulfat (MgSO4.7H2O) yang dikenal dengan garam Inggris (Epsom salt) dan magnesium oksida (MgO), dipakai pada pembuatan kosmetik dan obat pencuci perut. Sedangkan adonan magnesium, aluminium dan baja dipakai pada materi pembuatan bagian-bagian pesawat, kaki atau tangan buatan, vacuum cleaner, alat-alat optic dan furniture.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel