4 Tips Memanfaatkan Software Payroll Indonesia Yang Akurat

Payroll sanggup membingungkan dan melelahkan. Untuk itu, sangat masuk akal jikalau dalam prosesnya tim HR atau tim Keuangan melaksanakan kesalahan manual. 

Payroll melibatkan honor karyawan, pajak pemerintah, dan aturan ketenagakerjaan. Perusahaan harus menyimpan data – data honor karyawan yang akurat. Jika tidak, Anda mungkin sanggup menghadapi kekacauan sistem payroll yang semakin menciptakan kepala pusing. Nah, untuk mempertahankan dan memanfaatkan payroll yang akurat, ikuti tips berikut: 

Payroll sanggup  membingungkan dan melelahkan 4 Tips Memanfaatkan Software Payroll Indonesia yang Akurat

1. Klasifikasikan karyawan

Secara akurat, kelompokkan status atau jenis karyawan dengan benar. Misalnya sebagai pekerja kontrak atau pekerja lepas. Nantinya, hal ini akan menjadi perhitungan pajak PPH21, upah lembur, dan upah minimum. Sedangkan, pada pekerja lepas biasanya honor tergantung dengan akad tarif yang ditetapkan.

2. Mengotomatiskan sistem payroll

Menangani sistem payroll berbasis kertas atau file excel sangat rentan kesalahan manual. Anda mungkin sanggup memasukkan angka yang salah ketika menghitung dengan kalkulator, menuliskan angka ke file excel atau lupa memasukkan jumlah angka ke dalam proses payroll. 

Kenapa Anda tidak memakai software payroll Indonesia yang semua prosesnya sudah otomatis? Penggajian otomatis sanggup mengurangi kesalahan manual. Untuk melaksanakan ini, gunakan software payroll Indonesia yang berbasis website.

Perangkat lunak ini akan menghitung penggajian karyawan, pajak sampai upah lembur, tunjangan, laporan payroll dan masih banyak lagi. Software payroll Indonesia sudah seharusnya akurat, jadi Anda tidak perlu khawatir wacana kesalahan manual. 

3. Menyimpan data kehadiran dan jadwal kerja

Selain itu, Anda perlu melacak secara akurat berapa banyak waktu yang dihabiskan karyawan untuk bekerja. Terutama untuk karyawan yang berhak mendapat upah per jam atau upah karyawan yang lembur. 

Untuk melaksanakan hal ini, software payroll Indonesia merupakan opsi ideal alasannya karyawan sanggup login ke akun mereka dan mencatat waktu kehadiran ketika tiba dan pulang kerja. Karena software payroll Indonesia berbasis cloud, maka hal ini lebih fleksibel bagi karyawan yang berada di lokasi jauh atau berbeda dari kantor. 

Software payroll Indonesia dengan fitur ketidakhadiran karyawan sanggup membantu perusahaan mencegah “pencurian waktu”. Sebelum mendapat upahnya, karyawan akan dicek data kehadiran atau ketidakhadiran mereka secara akurat.

4. Melakukan audit payroll

Secara rutin, data payroll juga perlu diaudit untuk memverifikasi keakuratan sistem payroll. Anda sanggup melaksanakan sistem audit ini 3 bulan sekali atau 12 bulan sekali. 

Dengan software payroll Indonesia berbasis website, Anda bahkan sanggup melaksanakan audit dari rumah atau kedai kopi. Pastikan bahwa isu payroll sudah benar dan akurat, contohnya jumlah angka dan alokasi dana yang diberikan sudah diterima karyawan dengan baik. 

Periksa juga upah karyawan. Pastikan sudah dihitung dengan benar. Verifikasi juga pembayaran pajak apakah tim HR atau tim Keuangan sudah membayarkannya di waktu yang tepat. 

LinovHR yang dilengkapi software HR dan payroll memudahkan kiprah tim HR dan divisi terkait dalam mengelola data payroll. Laporan payroll, slip gaji, upah lembur dan upah karyawan yang diharapkan untuk data audit keuangan secara rutin, sanggup disajikan dengan cepat dan praktis. 

Bahkan, alasannya LinovHR berbasis cloud, Anda tidak perlu merepotkan divisi IT dan sanggup mengakses secara real time dari mana pun dan kapan pun. Dapatkan fasilitas sistem payroll untuk bisnis Anda dengan menghubungi tim LinovHR kini juga, Anda juga sanggup request free trial disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel