Sistem Respirasi Pada Binatang Jangkrik

Laporan Pratikum Biologi
Sistem Respirasi Pada Hewan Jangkrik

BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Untuk melangsungkan kehidupannya makhluk hidup memerlukan udara bernapas. Udara merupakan kebutuhansehari-hari yang wajib didapatkan bagi setiap makhluk hidup. Udara yang didapatkan setiap hari dipakai oleh badan sebagai materi material.
Proses pengambilan oksigen yang dilakukan oleh makhluk hidup disebut system respirasi. Terdapat 2 macam respirasi yaitu respirasi eksternal (bernapas) mencakup pengambilan O2 dan pengeluaran CO2 serta uap air. Dan respirasi internal (pernapasan selurel) terjadi didalam sel. Secara garis besar, pernapasan merupakan pemecahan glukosa dengan proteksi enzim-enzim untuk menghasilkan energy.
System respirasi tidak hanya di lakukan oleh manusia, namun juga pada flora dan hewan. System respirasi pada ketiga makhluk hidup tersebut memilik perbedaan. Seperti pada tumbuhan, system respirasi pada flora sangat berbeda. System respirasi pada flora pengambil CO2 dan mengeluarkan O2.
Begitu juga system respirasi pada binatang mempunyai banyak perbedaan. Organ pernapasan pada binatang juga berbeda-beda, organ-organ pernapasan itu antara lain paru-paru, insang dan trakea. Hewan yang memakai alat pernapasan trakea yaitu salah satunya serangga atau insekta.Berdasarkan uraian perbedaan alat pernapasan di atas, penulis tertarik mengadakan suatu pengamatan wacana udara yang dihirup oleh serangga atau insekta.

B. Rumusan masalah
Dari uraian diatas sanggup dirumuskan permasalah sebagai berikut: Apakah pada system respirasi pada serangga membutuhkan oksigen? Dan apakah factor-faktor yang menghipnotis kebutuhan oksigen pada serangga?


C. Tujuan
Penulisan laporan ini bertujuan yaitu untuk mengetahui:
1. Membuktikan bahwa pernapasan pada serangga membutuhkan oksigen
2. Melihat factor-faktor yang menghipnotis jumlah kebutuhan oksigen pada serangga dikala bernapas.

D. Manfaat
Manfaat yang dibutuhkan dari laporan ini yaitu Memberikan isu pada masyarakat bahwa:
1. Pada system respirasi pada serangga membutuhkan oksigen
2. Mengetahui factor-faktor yang menghipnotis kebutuhan oksigen pada serangga dikala bernapas.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel