Cara Nonaktifkan (Disable) Lampu Tombol Navigasi Xiaomi


- Cara menonaktifkan lampu tombol menu, home, dan back pada ponsel Xiaomi. Pada artikel sebelumnya telah kita bahas Cara Ganti Warna LED Notifikasi Xiaomi. Artikel ini berkaitan dengan artikel tersebut sebab beberapa pengguna smartphone merasa kurang yummy dengan warna lampu yang terdapat pada tombol navigasi (tiga tombol yang terdapat pada serpihan bawah layar Xiaomi).

Apa itu Tombol Navigasi Smartphone?


Tombol navigasi yaitu tombol yang biasanya terdapat pada serpihan bawah layar utama, fungsinya untuk kembali ke sajian home, kembali ke sajian utama dan menampilkan aplikasi yang sedang dibuka di latar belakang.

Di ponsel Xiaomi, tombol navigasi jumlahnya ada tiga yang biasa kita kenal dengan sebutan menu, home, dan back. Ketika kita gres pertama kali membeli ponsel Xiaomi atau gres Install Ulang ROM, lampu pada tombol navigasi akan menyala.

Apa Lampu Tombol Navigasi yang Menyala Berdampak Buruk?


Beberapa orang merasa nyaman sebab lampu pada sajian navigasi sanggup membantu mereka saat berada di daerah yang kurang cahaya atau gelap. Beberapa orang lain merasa kurang yummy sebab mengganggu dan lampu pada tombol navigasi dirasa terlalu silau sebab tidak sanggup diatur kecerahannya.

Saya yaitu orang yang tidak suka kalau lampu pada tombol navigasi ponsel Xiaomi Redmi Note 4 aku menyala, terutama saat berada di daerah gelap. Saya justru merasa nyaman saat lampu pada tiga tombol tersebut dimatikan, bahkan di daerah gelap sekalipun sebab aku sanggup mengetik dengan nyaman tanpa terganggu fokus ke tiga tombol navigasi yang terus menyala.

Setelah aku cari tutorial kesana kemari, hasilnya aku menemukan cara untuk mematikan lampu tersebut dan kemudian menuliskannya pada artikel kali ini. Tujuannya yaitu biar aku tidak perlu repot-repot mencari tutorial di situs lain dan mengembangkan kepada para pembaca setia Yukampus.

Bagaimana Cara Nonaktifkan Lampu Pada Tombol Navigasi Xiaomi?


  1. Masuk sajian Settings > General
  2. Pilih sajian Notifications light
  3. Pada sajian paling atas, terdapat menu Button lights, geser ke kiri untuk menonaktifkan
  4. Jika ingin mengaktifkan lampu pada sajian navigasi, geser ke kanan.
  5. Di bawahnya, ada sajian Keep button lights on. Menu tersebut untuk mengatur berapa usang tombol navigasi menyala saat tidak disentuh.


Begitulah Cara Menonaktifkan Lampu Tombol Navigasi Yang Menyala. Artikel ini ditulis berdasar pengalaman langsung yang telah diuji pada smarpthone Xiaomi Redmi Note 4 dengan ROM MIUI Global Developer 8.4.12.

Untuk versi ROM dibawahnya, caranya masih sama sebab fitur ini sudah ada semenjak MIUI yang usang (lupa semenjak MIUI berapa, he he). Jika ada pertanyaan atau request tutorial apapun berkaitan dengan Xiaomi, silahkan tulis pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel