Fakta Gigitan Ulat Pohon Mangga yang Menyebabkan Kematian Setelah 4 Jam, Benarkah itu?


- Zaman serba teknologi menuntut semua orang untuk senantiasa melakukan aktivitas berbasis gawai. Ponsel menjadi favotir teknologi yang sering digunakan oleh masyarakat. Selain ponsel, aplikasi yang dibuat oleh beberapa perusahaan ternama pun tidak luput dari teknologi yang sering digubakan, contohnya whatsapp.

Terkadang whatsapp dijadikan sebagai sarana informasi kepada grup keluarga, teman, kerja, dan sebagainya. Namun, ada hal yang perlu dicermati, benarkah keaslian informasi itu? Itu pertanyaan yang sangat mendasar sekali. Seperti informasi tentang ulat pohon mangga yang satu ini.


Banyak beredar dari pesan whatsapp bahwa ada ulat dari pohon mangga yang ini tidak terlihat karena bisa berkamuflase. Namun, orang yang rumahnya dekat pohon mangga harus waspada karena ulat ini berbahaya. Jika tergigit, manusia akan meninggal dalam 4 jam. Gigitannya tersebut menyebabkan dehidrasi yang sangat dahsyat.



Perlu Anda ketahui, ternyata pernyataan dari pesan tersebut tidak sepenuhnya benar. Ulat tersebut memang memiliki racun, tetapi tidak menyebabkan kematian.

Ulatnya betul ada. Tapi yang tidak betul itu dia bilang 4 jam setelah disengat bisa mematikan.


Meskipun begitu, kita harus tetap waspada dengan ulat ini apalagi anak-anak. Ulat yang berkamuflase dengan daun mangga ini bisa menyebabkan panas, iritasi, bahkan bisa menyebabkan ruam pada kulit.

Ulat yang diisukan mematikan ini dinamakan ulat baron (Euthalia aconthea). Ulat baron ini termasuk serangga anggota anggota Familia Nymphalidae (jenis kupu-kupu).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel